Beranda > UMUM (DUNIA KU) > BUAH HUTAN HASIL HUTAN AMPAH

BUAH HUTAN HASIL HUTAN AMPAH

Ya buah musiman ini hanya ada dan hanya bisa di temukan di daerah Ampah dan sekitarnya, buah yang mirip dengan buah sukun ini tumbuh di daerah subur, pohonnya besar dan tingginya sekitar 30 – 50 meter dilihat dari daunnya tumbuhan ini hampir sama dengan daun pohon sukun anehnya lagi buahnya juga hampir sama dengan buah sukun tetapi buah ini kalau di Ampah dinamakan Buah PUPUAN,, kalau di kaji dan diteliti lebih lanjut saya yakin kalau buah ini 1 suku dan 1 marga dengan buah sukun karena dari bentuk daun (tulang dau, jari-jari daunnya bahkan tangkai daunnya hampir sama dengan daun sukun) tetapi buah ini berbiji dan bijinyalah yang dimakan dan berbeda dengan buah sukun, cara memannya hampir sama dengan buah cempedak tetapi rasannya manis dan agak berbau tengik tetapi amnis sekali…buah PUPUAN ini adalah salah satu buah hutan yang ada di Ampah, buah hutan musiman ini sangat di gemari masyarakat di Ampah, hanya saja karena ini merupakan buah hutan jadi tidak ada warga ampah yang memang membudidayakan/menanam buah ini, semua buah PUPUAN ini tumbuh dan hidup sendiri di hutan (jenis hutan yang rindang) karena sebab itulah buah ini sedikit sekali ada dijual di pasar ampah (langka untuk didapat) Harga buah ini 1 buah di hargai Rp.5.000 – Rp.20.000 tergantung dengan besar kecilnya buah PUPUAN tersebut. Semoga dengan adanya postingan ini ada warga Ampah yang ingin membudidayakan buah ini sehingga buah ini tidak lagi menjadi buah hutan melainkan buah hadil dari budidaya Warga Ampah dan Ampah untuk kedepannya bisa menjadi Penghasil terbesar bauh PUPUAN..

SAYA SENGAJA MEMBELI BUAH INI KARENA SUDAH HAMPIR 10 TAHUN SAYA TIDAK MEMAKAN BUAH INI DAN TUJUAN UTAMA SAYA MEMBELI BUAH INI AGAR BISA SAYA POSTING DI BLOG SAYA.
PUPUAN

PUPUAN


PUPUAN


PUPUAN


PUPUAN


PUPUAN


PUPUAN


PUPUAN


PUPUAN YANG SUDAH DI BUKA


PUPUAN YANG SUDAH DI BUKA
Selain buah PUPUAN ada 1 buah lagi (buah hutan juga) yang hidup di hutan Ampah yaitu buah KAPUL yaaa begitulah orang ampah menyebut buah ini. Buah kapul ini juga merupakan buah hutan yang isi buahnya hampir sama dengan buah Manggis, hanya saja kalau buah manggis itu manis sekali dan kalau buah ini asam manis rasanya, buah hutan musiman ini pun sangat sulit didapat tetapi keberadaannya masih banyak di bandingkan dengan buah PUPUAN tadi yang memang sangat langka..semoga saya bisa mendapatkan berbagai macam jenis buah hutan lagi yang baru sehingga AMPAH KOTA bisa menjadi kota buah, buah yang baru dan tidak ada di dapat di tempat lain….Bersyukur saya Lahir dan Besar Di KOTA AMPAH YANG KAYA AKAN BUDAYA DAN BUAH-BUAHANNYA.

BUAH KAPUL


BUAH KAPUL


BUAH KAPUL


BUAH KAPUL


BUAH KAPUL


BUAH KAPUL


BUAH KAPUL

About these ads
  1. 18 Desember 2009 pukul 03:32 | #1

    wah manteb neh duren nya :-)

    • 18 Desember 2009 pukul 04:26 | #2

      Itu bukan gambar durian boss, yang gambar durian di bawah postingan ini.

  2. 18 Desember 2009 pukul 10:31 | #3

    pak Bayu,… Pak Ndru itu guru SMK di Ngawi, baliau jago komputer. kita bisa banyak tanya ma beliau

  3. zarod
    18 Desember 2009 pukul 10:40 | #5

    Ehem… Boleh nie, bagi dong… :)

  4. 18 Desember 2009 pukul 16:18 | #6

    Fotonya kam makan buahnya mana yu, seharusnya diposting juga tu fotonya he

  5. 18 Desember 2009 pukul 16:36 | #7

    wah, buahnya bikin saya ngiler, mas bayu, hehehe … rasa buah pupuan sama dengan sukun, ndak, mas?

    • 19 Desember 2009 pukul 02:35 | #8

      oo beda pak sawali, rasa buah pupuan hampir seperti rasa buah cempedak pak….terimakasih pak.

  6. 18 Desember 2009 pukul 21:20 | #9

    Pak Bayu … pupuan yang di foto itu yang berapaan (maksudnya apa kecil atau besar …) ..

    Mantap ya disana masih banyak buah-buah yang baru sekarang saya dengarnya …

    • 19 Desember 2009 pukul 02:36 | #10

      oo itu yang besar pak yang saya foto,,ia pak hanya saja tidak di publikasikan pak…

  7. 19 Desember 2009 pukul 13:00 | #11

    dulu pernah makan lei, spt durian, udah lupa2 ingat, sama nggak dgn pupuan ?

    • 19 Desember 2009 pukul 13:20 | #12

      oo ia toh bu coba di ingat2 bu.. habis rasa buahnya enak bu..hee

  8. 20 Desember 2009 pukul 02:14 | #13

    Kalau saya amati seperti buah nangka. Bukan seperti durian.

    Di rumah sedang panen nangka Pak. Di Kalimantan ada nangka?

  9. Willy Ediyanto
    20 Desember 2009 pukul 09:21 | #15

    13 tahun di Kalimantan saya gak pernah melihat buah-buah itu. Yang pernah saya lihat dan makan adalah buah kasturi. Itupun saya beli waktu ke Palangkaraya. Pas jalan-jalan ada orang jual. Kutanya buah apa itu? Jawabnya buah kasturi. Yang lain yang pernah kucicipi adalah pampaan (pampakan), dan petiti.
    Luar biasa memang bumi ini.

  10. 20 Desember 2009 pukul 11:30 | #17

    buah ampuan bener-bener mirip ama buah sukun. aku kangen masa-masa kecilku, sukun goreng enak sekali, apalagi kalo dipotong tipis2, suka bagian asin yang di ujungnya….

    Omong-omong rasanya mirip buah sukun ga?

  11. nohara11
    22 Desember 2009 pukul 02:49 | #19

    5 tahun tinggal di ampah,, blm prnh q nyoba kedua buah itu…. mau..mau..mau…donx!!!

  12. 22 Desember 2009 pukul 09:28 | #20

    buah2an dari hutan, banyak yang belum dikenal selain dari masyarakat sekitar, melalui postingan seperti ini akan banyak orang yang mengetahuinya.

    Seperti durian dari hutan banyak jenisnya, sekarang sudah menjadi komoditas perdagangan yang bernilai tinggi, ada juga jenis pampakin dan lainnya.

    Buah kapul …. jarang ketemu, dulu waktu masih di kampung kalau lagi musin mudah saja mencarinya.

    Buah pupuan … juga jarang ketemunya.

  13. Erik
    9 Januari 2010 pukul 12:10 | #21

    Wah mas lw di t4 sy krj didaerah kutai barat skrg msh bnyk buah kapulnya, trz ada lg buah yg mirip nangka tapi kecil bulat kayak apel, dalemnya warna orange, rasanya manis asem, trz da jg yg dalemnya putih rasanya mirip cempedak.
    Buah lei jg msh bnyk, trz ada buah yg mirip rambutan tp phonnya mermbt, dan msh bnyk buah2an lain yg blm sy tau namanya yg pnya rasa khas, biasanya buah2an itu musimnya antara akhir bln november mpe januari, jd yg pngen rasain nikmatnya buah2an htan bsa nyarinya antara bln tsbt, spt skrg ne jg msh musim.
    Eeemmm…

  14. bambang
    16 April 2010 pukul 03:28 | #22

    asik juga ya mas, saya mendengar kata pupuan tabanan bali itu th. 1973 dari teman kuliah asal tabanan, aduh kepingin sekali bisa kesana tp sampai april 2010 jg blom nyampe kesana, berbahagialan mas yang sudah beberap kali kesana, Tuhan memberkati mas adan keluarga, see U

  15. rei
    4 Mei 2010 pukul 12:49 | #23

    buah kapulnya sayangnya g dibuka.. jadi g tau isinya deh..

    klo buah buah pupuannya mirip buah ‘trap’ d kaltim (g tau ding cuma ada d kaltim atau ada d seluruh pedalaman kalimantan).
    bedanya buah trap dagingnya warna putih, dan kayaknya buah trap lebih kecil dr buah pupuan. selebihnya mirip semua, seperti kulit sama batangnya tp g tau klo daunnya..

  16. Lucia Wuryanti
    23 November 2010 pukul 10:27 | #24

    ya ampun jadi kangen banget sama ampah gara2 liat buah pupuan. makasih infonya ya.

  17. harni
    1 Juni 2011 pukul 06:50 | #25

    Wahhhhhhhhhhh, saya jg orang Amaph tp dh lm tinggal di Samarinda, btw pupuan g ada di samarinda.

  18. zila
    30 September 2011 pukul 02:21 | #26

    saya tinggal di Malaysia..buah pupuan biasa makan di kampung saya..tapi buah kapul perlu gi borneo .baru leh makan..dan kedua2 buah nie sangatlah sedap..^ – ^

  19. 11 Februari 2012 pukul 08:00 | #27

    mantap bang…jadi ingin lagi kembali ke jaman kecil dulu ….ingat kembali waktu manjat pohon tersebut di hutan riau (di kuansing/ Teratak Air Hitam)

  20. musri
    17 Desember 2012 pukul 11:22 | #28

    kalau di malaysia,buah pupuan itu dikenali buah terap..sama buah terap,,cuma buah terap bewarna putih…

  1. 10 Januari 2010 pukul 06:25 | #1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 29 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: