Beranda > PENDIDIKAN > SKRIPSIKU

SKRIPSIKU

SEBENARNYA saya lagi dalam kebinguang karnena apa disekolah selalu saja guru-guru membicarakan masalah PTK ??? apakah itu PTK ??? (Penelitian Tindakan Kelas) apa benar ??? disekolah lagi rame membicarakan masalah PTK tetapi dulu waktu kuliah untuk mahasiswa yang mau penelitian PTK rasa-rasanya di kurangi karena sudah kebanyakan mahasiswa akhir apabila menyusun tugas akhir (TA) selalu saja penelitian tindakan kelas….tapi untuk model yang baru juga saya belum mempelajarinya ….nah skripsi akhir saya juga masalah penelitian tindakan kelas apakah penelitian tindakan kelas yang saya buat pada skripsi saya ini sama dengan penelitian tindakan kelas yang lagi hangat dibicarakan disekolah atau tidak ??? jadi bingung….ini sedikit saya lampirkan bagian dari skripsi saya..

SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PBI (Problem Based Instruction)

MELALUI STRATEGI DISKUSI DILANJUTKAN STRATEGI EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

PADA KONSEP PENCEMARAN DAN KERUSAKAN

LINGKUNGAN HUBUNGANNYA DENGAN AKTIVITAS MANUSIA

SKRIPSI

OLEH :

BAYU PUTRA

ACD 104 032

UNIVERSITAS PALANGKA RAYA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

JURUSAN PENDIDIKAN MIPA

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI

2008

LANGSUNG  pada BAB III  :

BAB III

METODE PENELITIAN

Asumsi dan Rasional Penelitian Penggunaan Penelitian

Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Metode tersebut dipilih atas dasar untuk mengkaji keadaan ilmiah siswa kelas VII1 SMP Negeri 1 Jekan Raya Palangka Raya yang memiliki hasil belajar IPA Biologi rendah ketika mempelajari konsep pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan aktivitas manusia. Dengan penggunaan model PBI melalui strategi diskusi dilanjutkan strategi eksperimen tentang konsep pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan aktivitas manusia pendekatan penelitian kualitatif dapat digambarkan latar dan interaksi yang kompleks secara alamiah dari berbagai sumber data penelitian. Dalam hal ini diperlukan adanya eksplorasi dan deskripsi terhadap fenomena yang diteliti yaitu tentang materi pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan aktivitas manusia.

Penelitian tindakan kelas ini sesuai dengan asumsi pendekatan penelitian kualitatif, sebagai berikut :

1). Penelitian ini dilaksanakan dalam ruang dan waktu yang alami

2). Proses penelitian bersifat induktif dengan tujuan akhir mengembangkan model PBI melalui strategi diskusi dilanjutkan strategi eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan aktivitas manusia, berdasarkan data yang dikumpulkan.

3). Penelitian ini berorientasi pada proses dan produk.

4). Dalam penelitian ini, peneliti berperan sebagai pengumpul data dan pengolah data.

Rancangan Penelitian

Penelitian tindakan ini, dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart (Wiriaatmadja,R, 2005:66) yang dalam pelaksanaannya mencakup empat langkah, yaitu : 1) perencanaan tindakan; 2) pelaksanaan tindakan; 3) observasi tindakan; dan 4) refleksi atas tindakan yang dilaksanakan.

Model penelitian Kemmis dan Mc Taggart (Wiriaatmadja,R, 2005:66) dapat dilihat dalam bentuk desain sebagai berikut :

Gambar 3.1   Siklus Pelaksanaan Tindakan dalam Penelitian Tindakan Kelas

( SAYANG GAMBAR SIKLUSNYA TIDAK BISA DITAMPILKAN KARENA KETERBATASAN PENGETAHUAN YANG PUNYA BLOG NANTI DI PERBAHARUI LAGI )

Peranan Peneliti dalam Penelitian

Penelitian berperan sebagai instrumen utama dalam penelitian, maksudnya adalah sebagai pemberi tindakan yaitu sebagai praktisi yang membuat dan menyajikan bahan pembelajaran, motivator dan fasilitator dalam kegiatan pembelajaran. Selain peneliti, juga ada pengamat telah sebanyak 2 orang, yakni mahasiswa pendidikan Biologi semester VIII dan satu orang guru bidang studi biologi di SMP Negeri 1 Jekan Raya yang bertugas mengamati dan mengisi lembar observasi yang telah disediakan oleh peneliti.

Prosedur Pengumpulan Data

Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti dan dua orang pengamat, teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan soal tes, lembar pengamatan yang diisi oleh pengamat dan angket yang diisi oleh siswa.

Instrumen Penelitian

Instrumen yang diperlukan dalam penelitian ini terdiri dari :

1) Lembar pengelolaan pembelajaran biologi menggunakan model PBI melalui strategi diskusi dilanjutkan strategi eksperimen, instrumen ini dapat dipergunakan untuk  memperoleh data dalam proses pembelajaran. Instrumen ini diisi oleh dua orang pengamat yang duduk di depan kelas agar mengamati dan mengikuti pembelajaran dari awal sampai berakhir pembelajaran.

3)  LKS siswa pada model PBI. Instrumen ini dipergunakan untuk mengetahui tingkat penguasaan (ketercapaian) dalam proses PBI pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan aktivitas manusia.

4) Soal tes berupa pretes dan postes tentang materi pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan aktivitas manusia.

5) Angket respon siswa terhadap model PBI melalui strategi diskusi dilanjutkan strategi eksperimen. Instrumen ini diberikan dan diisi oleh siswa setelah pertemuan berakhir.

6) Angket respon guru bidang studi biologi terhadap model PBI melalui strategi diskusi dilanjutkan strategi eksperimen. Instrumen ini diberikan dan diisi oleh guru setelah pertemuan berakhir.

Jenis dan Pengumpulan Data

Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti sendiri dan dua orang pengamat, guru biologi dan siswa kelas VII data tersebut sebagai berikut :

1)      Hasil belajar siswa tentang materi pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan aktivitas manusia.

2)      Hasil pengamatan tentang pengelolaan belajar biologi dengan model PBI melalui strategi diskusi dilanjutkan strategi eksperimen pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan aktivitas manusia.

3)

Hasil pengamatan tentang rubriks LKS pada model PBI melalui metode diskusi dilanjutkan metode eksperimen tentang materi pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan aktivitas manusia.

4)      Hasil angket respon siswa bidang studi biologi terhadap model PBI melalui strategi diskusi dilanjutkan strategi eksperimen.

5)      Hasil angket respon guru bidang studi biologi terhadap model PBI melalui strategi diskusi dilanjutkan strategi eksperimen.

Sumber Data

Sumber data utama dari data penelitian ini adalah guru (peneliti) dan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jekan Raya dengan ketentuan sebagai berikut:

1) Materi pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan aktivitas manusia yang diberikan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 jekan raya yang sesuai dengan GBPP Kurikulum SMP 2004.

2)  Penerapan Model PBI melalui strategi dikusi dilanjutkan strategi eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jekan Raya.

3.4.4  Data Penelitian

Data penelitian berupa :

1). Hasil belajar siswa tentang materi pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan aktivitas manusia.

2). Hasil  pengamatan tentang pengelolaan belajar biologi dengan model PBI melalui strategi diskusi dilanjutkan strategi eksperimen pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan aktivitas manusia.

3)  Hasil pengamatan tentang rubriks penilai lembar kerja siswa pada model PBI melalui strategi diskusi dilanjutkan strategi eksperimen tentang materi pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan aktivitas manusia.

4) Hasil angket tentang respon siswa terhadap model PBI melalui strategi diskusi dilanjutkan strategi eksperimen.

5) Hasil angket tentang respon guru bidang studi biologi terhadap model PBI melalui strategi diskusi dilanjutkan strategi eksperimen.

Prosedur Penelitian

Berdasarkan model pembelajaran yang digunakan bahwa penelitian tindakan kelas dalam siklus I meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, jika dalam siklus I belum di dapat ketuntasan hasil belajar dilanjutkan siklus II dengan langkah-langkah seperti siklus I, yaitu:

3.5.1 Penyusunan Rencana Penelitian

Peneliti menyusun instrumen yang diperlukan untuk meneliti siklus I dan siklus II. Pada awal pertemuan peneliti memberikan pretes, setelah itu peneliti melakukan penelitian untuk siklus I, dan dari hasil refleksi siklus I peneliti melakukan siklus II, selanjutnya memberikan pos-tes.

3.5.2 Pelaksanaan Tindakan Penelitian

Peneliti berperan sebagai guru (subjek) yang mengajar siswa sebagai objek penelitian dengan berpedoman pada GBPP SMP dan Kurikulum 2004 serta program satuan pembelajaran dan rencana pembelajaran yang telah disusun dengan model PBI.

3.5.3 Pengamatan Tindakan Penelitian

Pengamatan dilakukan oleh dua orang pengamat yang akan mengamati dan mencatat segala kejadian serta peristiwa yang terjadi selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Dari hasil pengamatan tindakan kelas akan diketahui kekurangan dan kelebihan dalam kegiatan belajar mengajar yang akan digunakan sebagai bahan perbaikan dan penyempurnaan

mengajar selanjutnya. Tahap pengamatan ini dilaksanakan bersamaan dengan tahap pelaksanaan tindakan penelitian.

3.5.1

Refleksi

Pada kegiatan refleksi ini peneliti mengingat dan merenungkan suatu tindakan berdasarkan catatan pengamat. Peneliti akan berusaha mencari jalan keluar untuk memecahkan masalah dan kendala yang terjadi selama memberikan pembelajaran kepada siswa. Peneliti juga berdiskusi dengan pengamat untuk memecahkan masalah dan kendala yang dihadapi.

Analisis Data

Analisis data dalam penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab rumusan masalah. Adapun analisis data yang digunakan, yaitu:

1)      Untuk menganalisis pengelolaan pembelajaran biologi dengan model PBI digunakan analisis deskriptif kualitatif.

2)      Untuk menganalisis respon siswa terhadap model PBI dalam kehidupan nyata digunakan analisis deskriptif persentase kualitatif.

3)      Untuk menganalisis siswa dan guru dalam pembelajaran biologi dengan model PBI digunakan analisis deskriptif kuantitatif.

Hasil belajar tuntas di SMP Negeri 1 Jekan raya adalah 6,5.

Dalam analisis data penelitian ini, pada model PBI menggunakan rumus:

P = x 100 % (Sutomo dalam Asie, 2004)

Dimana:     P = Persentase tanggapan siswa

F = Frekuensi tiap aktivitas

N = Jumlah aktivitas

Sedangkan untuk analisis nilai pre-tes dan pos-tes siswa (hasil belajar keterampilan proses) dalam pembelajaran model PBI menggunakan rumus:

IS =

Dimana: IS = Indeks sensitivitas

Ra  = Jumlah siswa yang dapat mengerjakan suatu butir soal sesudah proses pembelajaran (postes)

Rb = Jumlah siswa yang dapat mengerjakan suatau butir  soal sebelum proses pembelajaran (pretes)

N    = Jumlah siswa

Dengan Kriteria yang digunakan:

0,80 – 1,00      Sangat baik

0,60 – 0,79      Baik

0,50 – 0,59      Cukup baik

0,40 – 0,49      Kurang baik

0,00 – 0,39      Sangat kurang baik

NAH diatas adalah kutipan dari skripsi saya (Penelitian Tindakan Kelas) apakah sama dengan PTK sekarang yah….????

  1. PRO-HEALTH
    4 November 2009 pukul 01:44

    salam,
    sy tertarik u/ melakukan ptk di kampus kami. tp sy blm punya bayangan spt apa sih ptk itu. boleh nggak minta contoh skripsi anda, tlg kirim ke email baju18hiqu@post.wordpress.com
    terima kasih sebelumnya…..

    • 4 November 2009 pukul 14:15

      sebenarnya di kampus saya msh banyak contoh2 skripsi mslh PTK mas…tapi sayang saya sdh d desa jd jauh dr Kampus saya…kalau nggak bisa aja saya kirimkan beberapa ……

  2. 4 November 2009 pukul 14:10

    maaf sebelumnya mas…bukannya nggak mau memberi tapi data yang tesisa hanya bab III aja … dan yg saya post di atas itu aja yg ada….ngomong2 mas dari mana ?? dan kampusnya d mana ?? tapi saya coba cari lagi siapa tau msh ada….

  3. 4 November 2009 pukul 15:58

    YAng dibicarakan guru di sekolah dengan contoh postingan ini sama saja. hanya masalahnya yang membicarakan adalah para guru yang belum pernah melakukan Peteka. guru-guru lama termasuk saya belum pernah mendapat materi tentang peteka. kecuali guru-guru yg mengikuti diklat PLPG. sayangnya mereka yang dapat materi itu tida berani melaksanakannya. kalau saya jadi kepala sekolah, maka yang punya blog ini saya jadikan narasumber untuk penulisan peteka. agar guru-guru tua seperti saya jadi paham ttg peteka

    • 5 November 2009 pukul 07:19

      oooo begitu yah pak…ahh bapak nggak juga pak…saya tidak terlalu bisa juga…tapi sayang pak yah…yang ikut PLPG tidak melaksanakan kalau di laksanakan kan saya juga bisa ikut pak…buat nambah ilmu yang ada……terimakasih atas infonya pak…tetapi bapak tidak terlihat tua pak…masih muda gitu…..terimaksh banyak….salam.

  4. HOZAIRI
    15 Mei 2010 pukul 11:36

    aku sekarang lgi cari skripsi tntg PBI, tp saya masih belum tahu seperti apa bstrak dan bentuk nya sperti apa. jadi tlong kirimin skripsi ke alamat e-mail saya… trim’s….

  5. TINA
    4 Juli 2010 pukul 12:52

    q………tertarik sm skripsinya..coZ….untuk skripsi q hampir sama……….n bleh gak q………..minta untuk BAB IV nya sebagai Referensi….? Trim”s

  6. 28 Oktober 2010 pukul 09:08

    nice post

  7. endah
    6 Januari 2012 pukul 04:12

    pak, tampilkan skripsi ptk yang lengkap ya kalau bisa! trims

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar