Beranda > PENDIDIKAN > BAHAYA PENGAWET MAKANAN

BAHAYA PENGAWET MAKANAN

Salam Persahabatan Blog !!!

Tulisan Dibawah ini untuk mengikuti kontes AKU INGIN SEHAT yang di adakan oleh Try 2B Cool `n Smart

Tahu kah kamu ? pernahkah kita disuguhkan dengan pertanyaan tersebut … mari kita bertanda didalam diri kita masing-masing kenapa umur manusia pada zaman dahulu lebih panjang dari pada umur manusia zaman sekarang ? mungkin masing-masing orang memiliki jawaban yang berbeda-beda dan memiliki pandangan yang berbeda-beda, pada kesempatan kali ini bayu ingin mengajak sahabat blog yang menjawab dengan jawaban Berdasarkan FAKTOR MAKANAN.

Tahukah kamu ? hampir disetiap makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap harinya ada tertera NATRIUM BENZOAT, kalau tidak percaya coba cek di belakang kemasan makanan atau minuman yang kita konsumsi,  Bahan : diantaranya ada tertera Natrium Benzoat.

Natrium Benzoat = Pengawet Makanan,

Berdasarkan Permenkes No.722/88 terdapat 25 jenis pengawet yang diizinkan untuk digunakan dalam makanan diantaranya :

  1. Asam benzoat
  2. Asam propionat
  3. Asam sorbat
  4. Belerang dioksida
  5. Etil p-hidroksi benzoat
  6. Kaloum benzoat
  7. Kalium bisulfit
  8. Kalium nitrat
  9. Kalium nitrit
  10. Kalium propionat
  11. Kalium sorbat
  12. Kalium sulfit
  13. Kalsium benzoat
  14. Kalsium propionat
  15. Kalsium sorbat
  16. Metil-p-hidroksi benzoat
  17. Natrium bisulfit
  18. Natirum metabisulfit
  19. Natrium nitrat
  20. Natrium nitrit
  21. Natrium propionat
  22. Natrium sulfit
  23. Nisin
  24. Propil-p-hidroksi benzoa
  25. Natrium Benzoat

Namun didalam penggunaannya harus sesuai dengan takaran yang dibenarkan, bayu ingin bercerita sedikit dulu waktu kuliah ada mata kuliah anatomi dan morfologi hewan, setiap kelompok di perintahkan melakukan penelitian pada lalat buah, dan mencari pengawet makanan yaitu Natrium Benzoat, bayu dan teman-teman 1 kelompok keliling pasar melakukan pencarian tidak menemukan 1 toko pun yang menjual Natrium Benzoat, akhirnya keputusan terakhir yaitu memasuki salah satu supermarket, ternyata disupermarket pun tidak ditemukan penjualan Natrium Benzoat, setelah itu bayu memberanikan diri untuk bertanya kesalah satu penjaga supermarket,

  • Bayu : ” Selamat siang mbak maaf mau tanya di supermarket ini ada menjual natrium benzoat ?”
  • Mbak : mas dari mana yah dan natrium benzoat rencananya digunakan untuk apa ?
  • Bayu : oohh … saya mahasiswa UNPAR, di kampus kami ada kegiatan praktik dan salah satu bahan praktik menggunakan natrium benzoat.
  • Mbak : “ada di sebelah sini (si mbak berbicara dengan nada kecil)

Alhasil ternyata botol natrium benzoat itu telah di putar dan disebunyikan disudut supermarket bahkan tulisan Natrium benzoatnya di tutupi supaya tidak terlalu tampak, pada kejadian ini bayu hanya bertanya-tanya apakah penjualan natrium benzoat dilarang ?

kita kembali lagi pada penjelasan diatas, coba kita bayangkan bersama walaupun penggunaan pengawet makanan didalam hal ini bayu mengambil contoh Natrium Benzoat sudah diatur sedemikian rupa takarannya, tetap saja natrium benzoat ini berbahaya dan memiliki efek samping bagi kesehatan, memang benar kalau dikonsumsi pada saat itu masih belum menunjukan gejalannya tetapi kalau di dilihat 10 – 20 tahun kedepan ? pasti ada efek samping bagi kesehatan yang sangat besar sekali, efek sampingnya seperti ternena kanker atau bahkan sampai berujung pada kematian.

Menurut bayu dari segi makanan adalah faktor terbesar kenapa Umur Manusia Pada Zaman Dahulu Lebih Panjang Dari Pada Umur Manusia Pada Zaman Sekarang.

Maaf bukan bermaksud untuk menggurui tetapi hanya ingin berbagi …

KESEHATAN ADALAH ANUGRAH TERBESAR YANG DIBERIKAN TUHAN YANG MAHA ESA KEPADA KITA MANUSIA …

SEWAKTU SEHAT KITA LUPA BERSYUKUR …

SETELAH SAKIT BARULAH KITA MEMOHON DAN MEMINTA KESEHATAN, SETELAH SEHAT KITA LUPA LAGI UNTUK BERSYUKUR KEPADA TUHAN KARENA TELAH DIBERIKAN KESEHATAN

KONTES : AKU INGIN SEHAT

  1. 19 Januari 2011 pukul 12:55

    kalau suka makanan berpengawet, maka ketika nanti jadi pejabat bisa awet, seperti ketum PSSI

  2. 19 Januari 2011 pukul 13:12

    Kadang diantara kita atau kebanyakan masyarakat kita yg tingkat pendidikanya rendah kurang memperhatikan hal itu sob pokoke enak di makan ya wis bablas ngga pake baca2 kadar apa yg terkandung dalam makanan itu,tapi mungkin ada kadar dan batas yg diperbolehkan (dalam hal ini BPOM yg mengontrol dan MUI)jika melampaui batas tersebut otomatis suatu produk makanan akan di tarik dari peredaran.

    Salam

  3. kakaakin
    19 Januari 2011 pukul 13:50

    Terima kasih atas partisipasi Sahabat pada Kontes Aku Ingin Sehat.

  4. 19 Januari 2011 pukul 22:31

    wah lagi banyak kontes di mana-mana nih rupanya…semoga sukses pak kontesnya🙂

  5. 20 Januari 2011 pukul 03:40

    Selain menghindari pengawet berlebihan, yg paling penting tetap menjaga kebersihan makanan.
    Tapi ngomong2 soal makanan kotor, kok saya ga pernah dpt kbr kalau lalat sakit perut ya?Hehehe

  6. joe
    20 Januari 2011 pukul 04:33

    belakangan ini banyak oknum pedagang nakal yang menambahkan formalin pada makanan yang berbahaya bagi kesehatan …

  7. 20 Januari 2011 pukul 06:09

    “Loh, kok Bahaya yach pengawet makanan!” bukanX justru sengaja dibuat untuk makanan, namaX jga Pengawet “Makanan”…. aaihihihihi….😀
    “Kalau bahaya kok masih aja digunakan?” apa emangk takdirX bgitu…

  8. 20 Januari 2011 pukul 11:00

    kira2 ada pengawet blog gak?

  9. 21 Januari 2011 pukul 01:56

    kyany banyak deh mkanan yang menggunakan bahan2 pengawet..ihh ngerii ^^
    met sukses y pak kontesnya🙂

  10. 21 Januari 2011 pukul 05:03

    wah bener ya… zaman sekarang mana ada makanan kemasan yang ga pake pengawet. makanya aku dan suami bener2 menjaga untuk makan putri kami sehari2, jajanan pun dijaga agar jangan sampai ada yang mengandung bahan yg macam, pewarna, pengawat apalagi MSG. Malah kalo perlu buat sendiri deh dirumah, yg pastinya lebih sehat. ehhh koq jadi curcol ya, hihihi…

    Good luck ya mas, semoga menang…🙂

  11. 21 Januari 2011 pukul 08:00

    Betul itu Kang Bayu, lebih baik mengkonsumsi makanan olahan sendiri, selain bebas bahan pengawet juga lebih ekonomis.

  12. 21 Januari 2011 pukul 09:39

    Wah,, Itu ilegal namanya.. Kalau supermaket banyak jualan kayak gitu,, bisa banyak penggunanya.. Kan bisa aja bohong untuk tujuanya

  13. 21 Januari 2011 pukul 10:24

    saya maunya menghindari semuanya sob..tp agak susah kan…semua makanan ya pasti ada pengawet jenis diatas

  14. 21 Januari 2011 pukul 11:51

    sekarang jamannya pengawet bro…. baru tau neh di supermarket ada yg jual…

  15. 21 Januari 2011 pukul 14:09

    iia tp kan bukannya kita emang uda baal alias kebal sma bahan2 pengawet itu kang.. sejak dulu kita hanya mengonsumsi itu kan.. makanya bang ndin gag mau turun2 kek yg akangnya bilang :p

  16. 21 Januari 2011 pukul 17:22

    Semoga menang ya bos.

  17. 22 Januari 2011 pukul 04:23

    Setelah diacc sama yang punya gawe, juri datang bawa lembar penilaian.

    Trims partisipasinya Bayu

  18. 22 Januari 2011 pukul 05:16

    makasyh ibfonya

  19. 22 Januari 2011 pukul 05:19

    Selamat berlomba

  20. 22 Januari 2011 pukul 07:03

    Harus pilih pilih makanan yang sehat

  21. 23 Januari 2011 pukul 04:28

    Saya sering menonton di TV tentang bahan2 pengawet makanan yang berbahaya. Saya jadi heran, katanya dilarang pemerintah, tapi kok masih banyak beredar di masyarakat ya bahan2 pengawet tsb

  22. 24 Januari 2011 pukul 01:52

    Terima kasih informasinya Pak bayu, sangat bermanfaat salam dari pekalongan

  23. 24 Januari 2011 pukul 11:59

    Assalaamu’alaikum BayuPutra…

    wah, masuk kontes ya. Bunda doakan sukses dan bertambah sehat selalu.
    memang makanan awet tidak bagus untuk kesehatan. Semoga kita selalu menghargai diri kerana mencegah lebih baik dari merawat. Hidup harus dilalui dengan ceria melalui pemakanan yang berkhasiat dan senaman yang sesuai dengan kemampuan kita.

    Informasi yang sangat bermanfaat buat bunda, Bayu. terima kasih sudah berbagi. Mudahan dirahmati dan diberkati Allah hendaknya.

    salam manis dari bunda di Sarikei, Sarawak.😀

  24. riez
    30 Januari 2011 pukul 14:58

    waduh sekarang kebanyakan makanan pakai pengawet ya….harus hati2 pilih makanan nih…thanks infonya…salam kenal

  25. 31 Januari 2011 pukul 02:41

    serem ya dengan natrium benzoat tsb,,,dengan pengawet makanan,,,
    semoga sukses dengan kontesnya pak,,

  26. 7 Februari 2011 pukul 14:56

    ^_^

    nice posting …
    betul, orang dulu lebih senang mengkonsumsi tanaman organik / sayuran sehat yang ditanam sendiri … tidak seperti sekarang … banyak orang yang konsumtif dengan makanan yang kurang sehat …
    salam ukhuwah dari 4antum …

  27. 4 Oktober 2011 pukul 03:49

    salam,, maaf saya mau tanya .. klo misalnya memakai pengawet natrium benzoat hanya 1 sendok untuk syrup bikinan saya itu juga berbahaya ?

  28. suriady
    7 November 2011 pukul 12:56

    Mas Bayu yang budiman mudah2an banyak orang lain yang mengikuti kebaikan yang mas bayu buat sehinga ber mampaat buat orang lain pada gilirannya untuk kemajuan bangsa ini. sukses fulll.
    semoga Mas Bayu selallu dibawah lindunganNYA. amin
    Mas Bayu saya mohon bantuannya berapa komposisi natrium/asam propionat untuk pembuatan air minum perasa. apakan cocok / efesian apabila saya memekai bahan pengawet tsb diatas atau ada bahan lain yang lebih cocok untuk air minum perasa

  29. 29 Januari 2012 pukul 06:43

    maz,bayu,,, saya produksi juice dr kedelai jepang ( Edamame). dan airnya pun RO ( AxoGy) gulanya gulaku. dg bahan di atas ketahanan di kulkas 3 hari tp di frezzer bisa 2 bulan. krna semua bahan Organik… apakah cocok klu saya tambahkan Potasium sorbat. makasih sblmnya maz.

  30. 7 Februari 2012 pukul 06:51

    Kadang sulit menghindar dari makanan ato minuman yang diawetkan..jadi diimnbangi aj dengan makanan yg alami..seperti buah dan sayuran yang segar.

  31. 21 Februari 2012 pukul 04:59

    Nice info gan!

  32. whiia
    4 April 2012 pukul 04:30

    apa efek nya pa

  33. 23 April 2012 pukul 23:27

    efek pemakaian jangka panjang natrium benzoat apa gan?

  34. 20 November 2012 pukul 03:50

    salam kenal mas bayu, saya punya usaha susu kedele plus… sales saya ada keluhan soal pemasaran soya yg relatif singkat di karenakan ketahanan soya yg ngak bisa lama, kalo saya campur dgn natrium benzoat kira-kira utk takaran normalx berapa banding berapa? thanks yo utk infox, sukses selalu.

  35. Budi
    22 Desember 2012 pukul 16:21

    Ngomong-ngomong masyarakat kok banyak yg tidak tau efek samping semua makanan dan minuman yg beredar di masyarakat.
    Apa penyuluhannya kurang?atau (maaf)sengaja dibiarkan?

  36. 15 Mei 2013 pukul 22:33

    Simply desire to say your article is as amazing.
    The clearness in your post is simply great and i can assume you’re an expert on this subject. Well with your permission let me to grab your feed to keep updated with forthcoming post. Thanks a million and please continue the enjoyable work.

  37. 20 Mei 2013 pukul 07:05

    I have to thank you for the efforts you have put in writing
    this site. I’m hoping to check out the same high-grade blog posts by you in the future as well. In truth, your creative writing abilities has encouraged me to get my very own website now😉

  38. 26 Mei 2013 pukul 15:33

    I hope after reading this review, you may be a little bit nearer to having all the information you should decide whether you need to purchase one or not.
    After cleansing the inside, detach the removable parts with the coffee
    brewer then rinse my way through soapy water.
    A beautiful classic style which complements any
    kitchen.

  39. 28 Mei 2013 pukul 07:54

    I constantly spent my half an hour to read this weblog’s articles or reviews all the time along with a cup of coffee.

  40. 11 Juni 2013 pukul 12:33

    I quite like reading through a post that will make people think.

    Also, thanks for allowing me to comment!

  41. 19 Juni 2013 pukul 11:14

    Hello! Someone in my Facebook group shared this website with us so I came to take a look.
    I’m definitely enjoying the information. I’m book-marking and will be tweeting
    this to my followers! Wonderful blog and outstanding style and design.

  42. 25 Juni 2013 pukul 12:55

    It is not my first time to go to see this site, i am visiting this website dailly and take pleasant facts from here every day.

  43. 18 Juli 2013 pukul 19:12

    Hello there, You’ve done an incredible job. I will certainly digg it and personally recommend to my friends. I’m confident they’ll be benefited from this web site.

  44. 18 Juli 2013 pukul 22:14

    Nice post. I learn something new and challenging on websites I stumbleupon
    every day. It will always be interesting to read through content from
    other writers and use something from their sites.

  45. 25 Juli 2013 pukul 08:10

    Dr Rino Lorenzo is a Fellow of the Philippine Association of
    Plastic Reconstructive and Aesthetic Surgeons.

    On the plus side, it may help you to quit for good and save you
    even more money on top of what was already salvaged because of breast augmentation in Thailand.
    Unfortunately for us mere mortals are not all as well endowed as Aphrodite or David.

  46. 12 Oktober 2013 pukul 12:32

    TOKO ASIA ELEKTRONIK MenawarKan Produk asli dan bergaransi
    Harga Promo Stok barang terbatas ALAMAT TOKO.
    ITC Roxy Mas LT 3 No 110C
    Roxy Mas Lt 3 Blok A38-39,HP. PIN BB:24C19401
    HUB:0853-2822-2842
    Hasyim Ashari Jakarta Pusat
    Kami Melayani pengiriman di seluruh indonesia melalui via TIKI/JNE
    Printer Canon – MF4820D Rp 1.550.000
    Printer, Scanner, Copier & Fax – Brother MFC-J5910DW Rp 1.500.000
    Printer Canon – L170 Rp 1.659.000
    Printer Canon – MF4750 – Black Rp 2.179.000
    Printer All in One Officejet HP – 7500A (C9309A)
    Printer, Scanner, Copier & Fax – Brother MFC-J6710DW Rp 2.519.000
    Printer Canon – MF4870DN – Black/White
    Rp 5.179.000
    Printer Canon – MF8010CN – White Rp 4.449.000
    Printer Canon – MF9280CDN – White Rp 16.399.000
    Printer Canon – MF8380CDW – White Rp 7.999.000
    Printer Canon – MF8080CW – White Rp 6.279.000
    MESIN FOTO COPY
    Canon iR2018 Copy-Print Rp.5.900.000

    Canon iR4570 Copy-Print-Scan Rp.6.850.000
    Canon iR3300 Copy-Print-Scan Rp.6.700.000

    Canon iR3035 Copy-Print-Scan Rp.6.000.000
    Canon IR3045 Copy-Print-Scan Rp.6.200.000
    Canon iR5070 Copy-Print-Scan Rp.8.300.000

    Canon iR5570 Copy-Print-Scan Rp.8.500.000

    Canon iR6570 Copy-Print-Scan Rp.9.000.000

    Canon iR5075 Copy-Print-Scan Rp.10.500.000

    Canon iR5000 Copy-Print-Scan Rp.13.500.000

    Canon iR6000 Copy-Print-Scan Rp.14.700.000

    Canon iR5020 Copy-Print-Scan Rp16.500.00

    Canon IR6020 Copy-Print-Scan Rp.17.000.000
    http://asia-elektronik.jimdo.com/

  47. tyas
    21 Februari 2014 pukul 23:04

    sya sebenarny jg bingung nech m.Bayu, sya pengen buat krepek kentang tp dlm resep yg sya temukan menggunakan NATRIM METABISULFIT…..tp stelh sya baca kterngan dri m.bayu sya jd agak ragu dech….

  48. tyas
    21 Februari 2014 pukul 23:06

    maaf slah tlis bukan NATRIm tp NATRIUM METABISULFIT

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: