Beranda > UMUM (DUNIA KU) > AMPAH KOTA BUKAN KOTA AMPAH

AMPAH KOTA BUKAN KOTA AMPAH

Ampah, bukan kota namun sering di sebut ampah kota dan bukan kota ampah dimana jumlah penduduknya sangat bervariasi baik dari segi agama dan adat istiadatnya, dulu waktu saya kecil kira-kita tahun 1991 waktu saya TK, ampah tidak seramai sekarang ini di daerah pasar pun masih sangat sepi tetapi sekarang ini pembangunan sangat pesat sekali hampir tidak ada lahan kosong lagi di pinggiriran jalan. Sekarang harga tanah di pinggir jalan ampah kota berkisar antara Rp. 500.000 – 6.00.000 per meternya, sangat mahal memang tetapi jika dibandingkan dengan kemajuan ampah kota kedepannya harga seperti itu mungkin tidak ada artinya. Untuk sekarang ini ampah hampir semua di dominasi oleh orang banjar, memang dulunya kebanyakan warga Ampah kota adalah orang Ma`ayan tetapi karena beriring dengannya waktu dank arena pengaruh perdagangan antar daerah sehingga yang mendominasi wilayah ampah hampir 70% adalah orang banjar.
Pasar Ampah pada umunya setiap hari buka tetapi pada puncaknya pasar ampah di adakan pada hari Jum`at. Perayaan pasar Ampah sudah di mulai sejak malam jum`atnya yaitu pada jam 05.00 Sore samapai hari jum`atnya pada pukul 12.00 siang.
Ampah bisa di katakana sebagai segita emas karena ampah kota menghubungkan 3 Kabupaten sekaligus yaitu : Kabupaten Barito Selatan (Buntok), Kabupaten Barito Utara (Muara Teweh) dan Barito Timur (Tamiang Layang), dimana Ampah berada di tengah-tengah 3 kabupaten tersebut, walaupun Ampah merupakan Kecamatan tetapi keramaian dan kepadatan penduduknya melebihi dari 3 Kabupaten tersebut hanya saja kelemahan Ampahn ialah poros jalannya hanya satu saja dan tidak terbagi menjadi beberapa jalan seandainya ampah kota memiliki banyak jalan tidak menutup kemungkinan kalau Ampah kelak bisa menjadi Kabupaten, bahkan dulu sempat ada isu beredar kalau Ampah mau dijadikan Propinsi Barito Raya tetapi itu hanya isu saja dan mungkin karena kelemahan di bagian infrastruktur jalan tadi.
Setelah kita berbicara banyak masalah pasar tidak ada salahnya kalau kita membahasa masalah makanan kuliner yang ada di Ampah, untuk masalah yang satu ini ampah boleh dikatakan memiliki berbagai macam makanan kuliner baik dari nasi kuning, lontong, masak karuh, dll., semua tersedia di pasar Ampah terkhususnya pada hari pasar yaitu hari Jum`at, namun karena banyaknya pendatang yang berdomisili di ampah akhirnya untuk makanan kuliner ini pun terpengaruh oleh para pendatang yang ada di ampah sehingga menambahkan seronoknya warna – warni aneka makanan kuliner di Ampah.
Fasilitas-fasilitas yang ada di Ampah Kota adalah :
1. Hotel
2. Penginapan
3. Gedung Pertemuan (Bataralinggar atau gedung serba guna)
4. Lapangan Olah Raga
5. Pusat Perbelanjaan (Pasar)
6. Terminal
7. Kantor Pos
8. Tempat Ibadah (Mesjid, Gereja, dan Balai Basarah)
9. Bank, Dll.
Pada saat ini bulan Nopember dan Desember adalah bulan-bulan yang ditunggu-tunggu oleh warga ampah karena pada bulan-bulan ini di Ampah lagi musim buah terutama musim buah Durian, Rambutan, dan Cempedak.
Pada saat pagi hari terutama pada saat pasar subuh pasti saja banyak pedagang lesehan yang menjajakan dagangan buah-buahan tadi maklumlah karana pasar subuh ini bukanya dari jam 05.00 – jam 07.00 Wib setelah itu sudah tidak terlihat lagi pedagang yang membuka lapaknya karena di gantikan dengan pedagang-pedagang tetap lainnya yah maklumlah karena pedagang pasar subuh hanya meminjam emperan milik took-toko besar yang ada dipasar ampah. Namun pada saat pasar subuh ini keselerasan, kebersamaan dan gotong royong sesama pedagang terjalin erat..
Kami nantikan kunjungan anda di Kota kami
Untuk Info lebih lanjut masalah Ampah kota silahkan hubungi nomor berikut ini : 085249177661..

  1. 6 Desember 2009 pukul 16:07

    ampah, sma ampah, kota ampah, ampah kota, bartim, barito timur,

    • 7 Desember 2009 pukul 07:21

      HEEE maklum pak ini masih percobaan tadi malam apa susah sekali masuknya pak jadi pilihan masih belum di masukan pak.

  2. 6 Desember 2009 pukul 22:43

    Kelemahan ampah kota yg paling max terletak pada sampah2 yg menumpuk di bawah jembatan sungai karau. Padahal sampahnya terkadang jatuh ke sungai.
    Sampah – sungai kotor – sungai di gunakan warga ampah – warga ampah terjangkit penyakit
    Bahkan kata teman saya sungai karau di gunakan sebagai air ledeng

    • 7 Desember 2009 pukul 07:22

      mari bersama membangun ampah

  3. 8 Desember 2009 pukul 05:40

    Salam kenall… tukeran link yah 🙂

    http://lelidee.wordpress.com

    • 13 Desember 2009 pukul 12:11

      oke mbak…salam kenal juga dari saya di Kalimantan Tengah.

  4. david
    25 Januari 2010 pukul 10:26

    coba kalo Ampah di bangunin super market, pasti lebih rame……….

  5. amin uyung
    27 April 2010 pukul 00:46

    I love You Ampah

  6. Dani Pop
    13 Juni 2010 pukul 11:27

    Smga Mkn Maju Kota Ampah,

  7. dani
    6 Agustus 2010 pukul 05:45

    ampah adalah jantung jalan menuju semua kabuten dan sangat strateges kemungkinan ampah menjadi kota madya.

  8. dani
    6 Agustus 2010 pukul 05:47

    ampah adalah pusat usaha yang bagus dan strategis.

  9. Isur smk 1 ampbh
    22 September 2010 pukul 15:03

    Ampah adalah kota pariwisata seperti:bendungan tabla,karau,tampa,liang ayah,saragi,daerah puncak di lenggang

  10. ilmi putai
    28 Desember 2010 pukul 02:32

    Ampah masih ada yang kurang,salah satu nya TAMAN.

  11. Joni
    24 Mei 2012 pukul 02:41

    PemKab Barito Timur sepertinya menganak tirikan kota Ampah. Keramaian,macet,antrian pnjang di SPBU bhkan saya sring terlambat sklah kalau hri jum’at. Tpi tdak ad respon dri pemerintah. Malah bnyak pembangunan dilakukan di Ibukota Kabupaten yg sepi.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar